Mode Tampilan
Menu

PELAKSANAAN MUSRENBANG NASIONAL 2021 SEBAGAI TAHAPAN AKHIR DALAM RANGKAIAN PENYUSUNAN RKPD KABUPATEN BURU TAHUN 2022

05 Mei 2021
ADMIN

Namlea,  05 Mei 2021

Pelaksanaan Musrenbang Nasional dilaksanakan pada selasa, 04 Mei 2021 dalam rangka penyusunan RKP Tahun 2022 melalui Virtual Meeting/Video Conference yang dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Negara. Dalam arahannya Presiden mengatakan Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini memberikan pelajaran yang luar biasa dalam perencanaan pembangunan Nasional. Sebaik apapun perencanaan yang sudah kita buat, kita juga harus siap melakukan perubahan secara cepat untuk menyesuaikan dengan tantangan dan peluang. Lebih lanjut Presiden menyampaikan meskipun dalam pelaksanaan pembangunan terjadi perubahan-perubahan namun yang tidak berubah adalah TUJUAN, tujuan tetap sama yaitu untuk mensejahterakan rakyat dan memajukan bangsa. Yang berubah hanya caranya  untuk mencapai tujuan tersebut dimana harus disesuaikan dengan tantangan dan peluang yang setiap saat juga bisa berubah-ubah.

Presiden menekankan dibutuhkan sinergi kekuatan dari komponen-komponen bangsa untuk dapat memecahkan permasalahan yang timbul akibat pandemi, baik di sisi kesehatan maupun ekonomi. Di sektor kesehatan, jelas Kepala Negara tetap dilakukan upaya 3T ( Testing, Tracing and Treatment), vaksinasi, serta disiplin dalam penerapan protokol kesehatan 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak). Semua ini membutuhkan dukungan dari seluruh komponen bangsa.“ Butuh keaktifan dari seluruh jajaran pemerintahan dari pusat sampai ke daerah, demikian pula produktivitas dari kalangan industri yang kecil sampai yang besar untuk memproduksi alat-alat kesehatan dan obat, juga dukungan dari negara lain juga sangat diperlukan,” jelasnya.

Presiden juga mengatakan, pandemi yang telah berlangsung lebih dari 1 tahun ini, membuat pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir juga tidak dapat dihindari, saatnya nanti kita akan dihadapkan pada era 5G dimana berbagai kegiatan seperti pelayanan pemerintahan, pendidikan, dan bisnis retail tidak dapat dilaksanakan secara luring maka harus dilaksanakan secara daring. Dengan demikian kita jangan hanya menjadi pemanfaat dari teknologi tetapi harus memperoleh manfaat dari teknologi.  “ketika kita butuh data yang cepat, data yang akurat, data yang terintegrasi, yang kita butuhkan adalah teknologi digital”, ujar Presiden.

Pelaksanaan Musrenbang Nasional sebagai rangkaian akhir tahapan penyusunan RKPD yang terlebih dahulu telah dilaksanakan  Musrenbang Provinsi Maluku pada tanggal     22-23 April 2021  dan Musrenbang Kabupaten Buru pada tanggal 31 Maret Tahun 2021.

Substansi Musrenbang ini di arahkan untuk dapat mensinkronkan pendekatan      bottom-up dan top-down secara partisipatif dengan mempertimbangkan aspek teknokratik, dan keputusan yang diambil secara politik (bermusyawarah untuk bermufakat) serta secara substansi berorientasi pada pendekatan Holistik, Tematik, Integratif dan Spasial. "Musrenbang RKPD dimaksudkan untuk memperoleh arahan, saran dan masukan guna penyempurnaan rancangan awal menjadi rancangan akhir RKPD Kabupaten Buru Tahun 2022 dengan mendorong dan mengoptimalkan peran aktif masyarakat, stakeholders para pemangku kepentingan dan proses perencanaan pembangunan daerah.


  • BIMTEK PEMETAAN KLASIFIKASI, KODEFIKASI DAN NOMENKLATUR PERENCANAAN PEMBANGUNAN DARI PERMENDAGRI 13 TAHUN 2006 KE PERMENDAGRI 90 TAHUN 2019
    11-02-2020

    BIMTEK PEMETAAN KLASIFIKASI, KODEFIKASI DAN NOMENKLATUR PERENCANAAN PEMBANGUNAN DARI PERMENDAGRI 13 TAHUN 2006 KE PERMENDAGRI 90 TAHUN 2019

  • Kegiatan penanggulangan Kemiskinan
    25-10-2016

    Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kab Buru.

  • KEGIATAN BIMTEK APLIKASI SIPD
    27-06-2016

    Kegiatan akan dilaksanakan di Bappeda Kabupaten Buru, Jln. Raya Nametek, Namlea.

Bagaimana Pelayanan Administrasi di lingkungan Pemkab Buru?

Hari Ini (29 Kunjungan)


Kemarin (39 Kunjungan)


Total (131119 Kunjungan)

Copyright © 2015 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Buru