Mode Tampilan
Menu

BIMTEK SIMDA PERENCANAAN

24 Agustus 2018
ADMIN

Bimbingan Teknis Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah Berbasis Aplikasi atau e-Planning dilingkup Pemerintah Kabupaten Buru Tahun 2018  dilaksanakan pada tanggal 8 – 9 Agustus 2018, dibuka langsung oleh Bupati Buru, Bpk. Ramly.I.Umasugi,S.Pi.MM yang diikuti oleh 80 peserta dari seluruh OPD Pada Pemerintah Kabupaten Buru. 2 (dua) hari sebelumnya pada tanggal 6 dan 7 Agustus 2018 dilakukan pendampingan penginputan database RPJMD oleh Tim Perwakilan BPKP Provinsi Maluku kepada para operator Lingkup BAPPEDA Kabupaten Buru.  Kegiatan ini adalah wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Buru untuk melaksanakan Rencana  Aksi Program Pemberantasan Korupsi terintegrasi melalui penguatan Sumber Daya Manusia di daerah serta perbaikan sistem dan tata kelola Pemerintahan Daerah yang merupakan tindaklanjut hasil Rapat Koordinasi Penandatanganan Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Kab/Kota se-Provinsi Maluku yang dilaksanakan di Ambon pada tanggal 26 April 2018 antara Bupati dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terdapat Sembilan program Koordinasi, Supervisi dan Pencegahan (KORSUPGAH) yakni ; (1) e-planning dan e-budgeting, (2) Pengadaan Barang dan Jasa, (3) PTSP, (4) Penguatan APIP, (5) Manajemen ASN, (6) Pendapatan, (7) Dana Desa, (8) Barang Milik Daerah dan (9) Sektor Strategis. Untuk itu salah satu upaya dalam menurunkan potensi tingkat  korupsi di Kabupaten Buru adalah implementasi best practice perencanaan dan penganggaran melalui integrasi e-planning dan e-budgetting. Pelaksanaan Bimtek ini hanya difokuskan untuk e-planning  melalui Simda Perencanaan dengan narasumber utama Tim dari Perwakilan BPKP Provinsi Maluku,yang dipimpin oleh  Bpk. Ata Sumirta selaku Korwas Kelompok JFA Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah.  Hasil dari Bimtek ini nantinya akan dilakukan integrasi dengan Simda Keuangan yang terintegrasi secara online.

Pada Kesempatan ini Bupati Buru dalam sambutannya menegaskan bahwa Sistim Perencanaan Pembangunan Daerah berbasis e-Planning adalah sebuah alat yang dapat mengintegrasikan penyusunan RPJMD, RKPD, KUA, PPAS, KUA/PPAS Perubahan, RKPD Perubahan agar dapat terselesai dengan cepat, tepat, Akurat dan Transparan, sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi  RANPERDA tentang RPJPD dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD,RPJMD dan RKPD,  Dengan adanya Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah berbasis e-Planning kita dapat menyajikan analisis yang sangat informative bagi pemangku kepentingan.

Lebih lanjut Bupati mengingatkan bahwa saat ini Kita telah memasuki pelaksanaan rencana pembangunan tahun anggaran 2019 yang merupakan tahun kedua dalam pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Buru Tahun   2017-2022, harapan Beliau semoga RPJMD yang merupakan pedoman dalam pelaksanaan pembangunan selama lima tahun dapat berjalan sesuai target.

Penggunaan aplikasi SIMDA Perencanaan yang dikendalikan oleh Bappeda dan akan diintegrasikan dengan e-budgetting melalui SIMDA Keuangan yang dikelola oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Buru, tujuannya untuk mencegah inkonsistensi antar dokumen perencanaan  baik pada tingkat program maupun kegiatan yang termuat dalam RENJA OPD, RENSTRA OPD terhadap RPJMD serta munculnya tambahan program atau kegiatan setelah pembahasan KUA PPAS.


  • Kegiatan penanggulangan Kemiskinan
    25-10-2016

    Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kab Buru.

  • KEGIATAN BIMTEK APLIKASI SIPD
    27-06-2016

    Kegiatan akan dilaksanakan di Bappeda Kabupaten Buru, Jln. Raya Nametek, Namlea.

Bagaimana Pelayanan Administrasi di lingkungan Pemkab Buru?

Hari Ini (42 Kunjungan)


Kemarin (51 Kunjungan)


Total (33597 Kunjungan)

Copyright © 2015 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Buru