Mode Tampilan
Menu

Pulau Buru Tak Lagi Menyeramkan

25 Juni 2016
ADMIN

Pulau Buru memang punya masa lalu yang menyeramkan. Ini akibat pulau  yang luasnya 11.117  Km2 itu pernah dijadikan lokasi penahanan bagi sekitar  12 ribu orang tahanan politik pada awal pemerintahan Soeharto. Tetapi kini Pulau Buru sudah berubah. Penempatan para tapol di Buru pada akhirnya malah meninggalkan berkah. Apalagi setelah pemerintah mendatangkan transmigran dari Pulau Jawa sekitar tahun 1979 - 1980, maka Pulau Buru menjadi lumbung padi terbesar di Provinsi Maluku.

Para bekas tapol yang memilih menetap di Pulau Buru bersama para transmigran, hingga kini  telah berhasil mencetak sawah beririgasi teknis seluas hampir 20 ribu hektar. "Penduduk asli Pulau Buru tidak ada satu pun yang punya keahlian sebagai petani. Karena itu saya berani memastikan, pertanian bisa berkembang di sini karena kedatangan orang-orang dari Pulau Jawa, entah dia sebagai tapol atau sebagai transmigran" kata Emil Salim Malaka, penduduk kota Namlea, Ibukota Kabupaten Buru.

Di pasar Namlea, beras hasil pertanian lokal melimpah dan dijual dengan harga murah. Meskipun beberapa pedagang masih menjual bahan makanan pokok tradisional yaitu papeda atau sagu dan singkong, tetapi pada umumnya masyarakat setiap hari sudah makan nasi. Papeda atau singkong rebus memang masih dimakan oleh sebagian penduduk, itu pun hanya untuk makan siang  selain juga terhidang nasi. 

Sekarang, jalan beraspal mulus sudah menembus pedalaman Pulau Buru, menghubungkan unit satu dengan lainnya, bahkan hingga mencapai kota Namrole, ibukota Kabupaten Buru Selatan,  dan terus ke pesisir selatan Pulau Buru yang menghadap ke Laut Banda.

sumber: detik.com


  • Kegiatan penanggulangan Kemiskinan
    25-10-2016

    Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kab Buru.

  • KEGIATAN BIMTEK APLIKASI SIPD
    27-06-2016

    Kegiatan akan dilaksanakan di Bappeda Kabupaten Buru, Jln. Raya Nametek, Namlea.

Bagaimana Pelayanan Administrasi di lingkungan Pemkab Buru?

Hari Ini (7 Kunjungan)


Kemarin (27 Kunjungan)


Total (17198 Kunjungan)

Copyright © 2015 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Buru